Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Artikel

KERAJINAN SANGKAR BURUNG DUSUN BEBAK DESA KOPANG REMBIGA

12 Oktober 2020 03:22:32  Administrator  399 Kali Dibaca  Produk Desa

Dusun Bebak adalah salah satu dusun di Desa Kopang Rembiga  yang dikenal sebagai tempat penghasil Kerajinan sangkar burung yang paling banyak diminati oleh para pecinta unggas jenis Burung. Sangkar burung yang dibuat sangat beragam, mulai dari sangkar burung Robin, sangkar burung Ukir dan sangkar burung Alang. Dari jenis sangkar burung yang di buat oleh masyarakat dusun Bebak, sangkar burung Robin yang paling banyak diminati oleh para pencinta burung karena kualitas dan harga yang cukup terjangkau mulai dari 14.000-15.000 ribu rupiah per sangkar.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sangkar burung ini adalah kayu yang berasal dari sisa sumilan pohon, bambu yang dipotong dalam bentuk lidi, triplek bangunan dan paku ukuran kecil. Sementara alat yang digunakan dalam pembuatan sangkar burung ini adalah bor, scroolson, sercell, mesin amplas dan mesin serut. Dalam satu minggu keluarga Zainul Hafis masyarkat asli dusun Bebak dapat menghasilkan 50-150 sangkar burung dengan tenaga kerja sekitar 4 orang, yang dimana tenaga kerja yang digunakan kebanyakan dari anak muda di dusun bebak itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa kerajinan sangkar burung ini juga bisa dibuat oleh anak muda dengan mengandalkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki.

Proses pemasaran yang dilakukan oleh para pengerajin sangkar burung di dusun Bebak masih menggunakan reseller, jadi setiap kerajinan yang sudah jadi dibuat akan diambil langsung oleh para reseller yang kemudian dijual ke berbagai pasar di sekitaran Lombok Timur , Lombok Barat dan Lombok Tengah. Keuntungan yang diambil oleh para reseller ini sekitar 2000-3000 ribu rupiah dalam satu sangkar burung.

 Halo Desa

 SiAGA

 Prodeskel

 Peta Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Bung Hatta
Desa : Kopang Rembiga
Kecamatan : Kopang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83553
Telepon :
Email :

 Peta Wilayah Desa

 Aparatur Desa

Back Next