Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Artikel

BIMBINGAN TEKNIS PENILAIAN KETANGGUHAN DESA (PKD)

05 Desember 2023 13:24:51  Administrator  135 Kali Dibaca 

Dalam Rangka mempercepat capaian DESTANA ( Desa Tangguh Bencana), Program SIAP SIAGA bersama dengan BAPPEDA dan BPBD Provinsi dan Kabupaten, telah melaksanakan bimbingan Teknis Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) .

Sebagai langkah awal, BPPD Provinsi NTB didukung oleh Program SIAP SIAGA bermaksud untuk melaksanakan Bimbingan Teknis PKD dengan target 43 Desa di Kabupaten Lombok Utara dan 2 Desa dari Kabupaten Lombok Tengah (Desa Kopang Rembiga dan Desa Rembitan). Bimtek ini akan menjadi Piloting bagi pelaksanaan PKD untuk mengukur tingkat ketangguhan desa yang diharapkan dapat direplikasi di desa lainnya.

Bertempat di Balai Guru Penggerak Provinsi NTB, Jln. Gajah Mada No. 173 Jempong Baru, Mataram, Kegiatan Bimtek Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) tersebut berlangsun selama 3 (Tiga) hari dimulai pada hari rabu, tanggal 28 Oktober sampai dengan tanggal 30 Oktober 2023.

Dengan memanfaatkan instrumen Penilaian Ketangguhan Desa  (PKD) menggunakan SIK ( Sistem Informasi Kebencanaan) / web SIAGA NTB , guna mengukur dan memonitor pelaksanaan, PKD direncanakan dapat dilakukan secara mandiri oleh Pemerintah Desa dengan target Pembentukan DESTANA yang selanjutnya akan diverifikasi oleh Tim Penilaian DESTANA .

Sistem informasi kebencanaan siaga-ntb ini sudah melalui serangkaian pengujian baik dari aspek fungsional maupun pengujian sistemnya sudah berjalan 100% sehingga telah memenuhi aspek reliability, demikian juga dengan aspek lainnya. pada tanggal 17 oktober 2023 website SIK Siaga-NTB ini telah diluncurkan secara resmi. karena sistem ini secara fungsional telah berjalan dengan baik, maka tahap berikutnya adalah bagaimana sistem ini bisa digunakan secara berkelanjutan oleh pengguna (users), maka perlu dilakukan pembekalan pemahaman melalui bimbingan teknis.

Website SIK ini digunakan sebagai wadah dalam proses memberikan playanan publik dan menekan berita-berita hoax yang ada di sekitar masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan fitur-fitur dan bagaimana cara menginput data, dan menarik data melalui website SIK.

Dalam pelaksanaan Bimtek ini operator diberikan penjelasan apa saja fitur-fitur yang ada di Website SIK baik dari beranda, Peta, Bencana Terbaru, Info Kebencanaan, dan masih banyak lainnya hingga menu admin dalam website SIK.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Halo Desa

 SiAGA

 Prodeskel

 Peta Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Bung Hatta
Desa : Kopang Rembiga
Kecamatan : Kopang
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83553
Telepon :
Email :

 Peta Wilayah Desa

 Aparatur Desa

Back Next